Pages

Sunday 18 October 2009

Octupus Card di Hongkong

octupus cardOctupus card atau biasa di sebut baat Daaht Tung (baca : Pad Tah Dong) adalah kartu smart card untuk pembayaran transportasi umum yang biasa dipakai di Hongkong (kecuali Taxi dan ada beberapa % mini bus yang tidak menerima pembayaran dengan octupus), kartu ini bisa dipakai untuk alat pembayaran di Supermarket, Parkir meter, tempat parkit, MiniMarket, Restoran tempat saji, Mesin Penjual otomatis, point of sale, maupun bensin. Kartu ini cukup praktis untuk dibawa kemana-mana dan juga cukup praktis untuk alat pembayaran karena tidak perlu lagi membawa koin untuk naik bis.

Cara membeli kartu Octupus Card bisa langsung ke layanan di MTR train untuk octupus card dewasa seharga $150 dan deposit $50, untuk elderly $70 dan deposit $20, untuk anak-anak sama seperti elderly $70 dan $20 untuk depositnya, dan berlaku selama 180 hari. Apabila membayar dengan octupus card maka nilai didalamnya akan berkurang sedikit demi sedikit sampai -$49 masi bisa dipakai...dan untuk mengisi ulangnya sangat mudah, bisa ke 7-11 (seven eleven) atau circle K, subway station, Wellcome, mesin untuk mengisi ulang octupus card yang tersedia di subway stasiun (untuk mengisi ulang melalui mesin uang yang dimasukkan minimal pecahan $50), bisa juga diisi ulang dengan menggunakan kartu kredit atau ATM.

Kartu Octupus merupakan kartu smart card yang paling sukses di dunia dan telah diakui secara internasional dan telah memperolah penghargaan dari World Information Technology and Services Alliance's 2006 Global IT Excellence Award.

Bagaimana dengan negara tercinta kita Indonesia? apabila Indonesia juga memiliki smart card seperi octupus tentu lebih mudah dalam bertransaksi...tunggu beberapa tahun lagi aja yah....

0 comments:

Post a Comment